Breaking News
recent

Korea Selatan, Kiblat Baru Budaya Dunia

Satu dekade belakangan ini Korea Selatan mulai menggeser negara – negara maju lainnya dalam penyebaran pengaruhnya kepada masyarakat dunia. Tidak hanya dalam hal teknologi, akan tetapi juga budaya dan kesenian. 

Dari sisi teknologi, hampir bisa dipastikan raksasa teknologi Samsung dan LG adalah ikon yang tidak bisa dilepaskan dari Korea Selatan. Puluhan juta unit peralatan elektronik produksi mereka dikapalkan tiap tahunnya ke berbagai penjuru dunia. Perkembangan pesat teknologi elektronika Korea Selatan turut andil pula dalam melahirkan perusahaan global di bidang teknologi informasi macam LINE dan Kakao. Belum lagi game-game online yang berasal dari negeri ini pun sudah tidak terhitung lagi jumlahnya bertebaran di gadget ataupun PC para gamer.

Siapa yang tidak kenal Gangnam style..? koreography lagu yang dibawakan oleh Psy ini sempat mencuat menjadi sebuah trend yang disukai banyak kalangan di hampir seluruh belahan bumi. Kemudian baru – baru saja ini, dunia kembali dibuat demam joget ala PPAP yang made in Korea juga, ditambah lagi boyband dan girlband macam EXO dan Twice, yang membuat jutaan kawula muda di penjuru dunia tergila-gila oleh sosok mereka. Dimanapun mereka tampil, bisa dipastikan ribuan penggemar setianya akan selalu memadati pertunjukan itu. 

Tidak berhenti sampai disitu saja, pengaruh budaya dan kultur masyarakat Korea Selatan juga disebarkan lewat film-film drama berseri yang bisa didapatkan dengan mudah, baik lewat tayangan tv berbayar ataupun mendownload bajakannya di internet. Antusiasme penggemar budaya Korea memang bisa jadi hanya berawal dari tradisi “ikut-ikutan” tren yang beredar, namun setelah itu bagaikan candu yang tidak bisa dilepaskan. Kesan alur cerita yang menarik dengan bumbu romantisme ala masyarakat asia, ditambah eksotisme pemandangan negeri ginseng, merupakan daya tarik utama digemarinya film drama Korea. 

Indonesia sebagai salah satu negara di kawasan Asia tentu tidak luput dari demam Korea Selatan, dimana terdapat jutaan penggemar K-Pop yang dengan setia menanti kabar apa saja seputar artis ataupun film drama favorit mereka melalui media-media sosial. Negara kita bahkan telah menjalin kerjasama di bidang teknologi pertahanan dengan ditandatanganinya dua perjanjian transfer of technology untuk produk kapal selam dan pesawat tempur. Kita tentunya juga berharap bahwa apa yang kini terjadi pada Korea Selatan ikut membawa pengaruh yang positif sebagai sebuah cerminan demi kemajuan bangsa. Banyak hal yang bisa dipelajari dari mereka, terutama dalam hal etos kerja dan semangat untuk maju. Negara kita sebetulnya mempunyai modal yang lebih dibandingkan Korea Selatan, baik sumber daya manusia ataupun sumber daya alamnya, lalu mengapa kita belum bisa seperti mereka..? Itulah yang harus kita pelajari bersama-sama. (AlemJP)

AlemJP

AlemJP

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.