Breaking News
recent

HUJAN, 1 % AIR 99 % EMOSI

Pernahkah anda menyalahkan hujan atas keadaan yang sedang anda alami? Yang kemudian akan berpengaruh dengan emosi anda? Saya yakin anda pernah mengalaminya, lalu apa yang sudah hujan lakukan terhadap anda, sehingga ia di jadikan tersangka atas apa yang anda alami saat itu.


Emosi menurut Dr. Muhammad Najaati, emosi adalah kekacauan hebat yang meliputi segala aspek individu, dan berpengaruh terhadap perilakunya, perasaannya, dan fungsi vitalnya. Asalnya dia muncul dari faktor psikologis. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jaap Denissen di Humboldt University of Berlin, Jerman, menyatakan bahwa kondisi cuaca berpengaruh terhadap mood dan perilaku seseorang. Bahkan cuaca sehari-hari seperti angin, sinar matahari, tekanan udara, hujan dan juga lamanya hari bisa mempengaruhi mood positif anda.

Saat hujan misalnya, yang ada di benak anda ketika hujan datang adalah kegalauan dan kesedihan yang memang pas untuk kondisi saat itu. Ya memang, karena hujan cenderung gelap dan dingin, belum lagi karena turunnya tetesan air, banyak orang yang beranggapan bahwa langit sedang menangis. Di beberapa film, saat menggambarkan prosesi pemakaman, biasanya mereka menggunakan efek hujan sebagai pendukung untuk mendapatkan sisi sedihnya.

Apa jadinya ketika anda ada keperluan penting di luar tapi tiba-tiba hujan turun. Emosi marah dan frustasilah yang keluar dari diri anda. Anda akan menyalahkan hujan  yang datang pada saat yang tak tepat. Namun hal lain terjadi sebaliknya, ketika anda sedang menghadapi masalah kemudian hujan datang, anda akan beranggapan bahwa hujan sangat tahu dan mendukung kondisi anda. 

Hujan tidak melulu menimbulkan emosi yang negatif, saat gerimis, orang-orang penikmat hujan akan senang dan gembira menyambutnya. Harum yang dihasilkan dari air yang bercampur dengan tanah begitu enak dan menenangkan. Orang-orang seperti mereka berfikir saat hujan, adalah saat dimana para malaikat juga turun membawa rezeki dan berkah.

Tidak selamanya hujan itu menimbulkan sisi gelap pada emosi. Dan jangan menyalahkan hujan atas timbulnya emosi yang mempengaruhinya. Tuhan menurunkan suatu kejadian pasti ada maksud dan tujuannya, termasuk datangnya hujan. Bisa anda bayangkan jika bumi tak turun hujan?? Tanah gersang, sumur kering, kesulitan bahan pangan dan masih banyak lagi. Jadi selalu bersyukur atas keadaan apapun, jangan bersyukur saat mendapat sesuatu saja, tapi saat belum mendapatkannya pun kita juga harus bersyukur. (Ayu Pratiwi)

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.