Breaking News
recent

Tony Q Rastafara , Rasta Semarang Yang Mendunia

Satu lagi pria asal Semarang yang namanya mendunia dengan segudang prestasinya. Terlahir dengan nama Tony Waluyo Sukmoasih. Lahir dari keluarga sederhana, bakat seninya telah terihat sejak masa kanak-kanak terutama di dalam bidang seni lukis dan musik.Tony berkenalan dengan dunia musik melalui teman-temannya dan banyak terpengaruhi oleh jenis musik rock dan blues.

Selepas menyelesaikan pendidikannya di sekolah kejuruan tehnik (STM) Tony memutuskan untuk memulai karier bermusiknya di kota Semarang sebagai pemusik jalanan sejak tahun 1980, hingga membuatnya dekat dengan kehidupan musisi jalanan kota Semarang.

Beberapa kali Tony di undang untuk tampil di acara-acara yang diselenggarakan¬ oleh kedutaan Amerika Serikat dan atas bantuan dari teman-teman di kedutaan dia berhasil mendapatkan undangan untuk bermain di salah satu festival musik country terbesar di Amerika yaitu Grand Old Opree yang bertempat di Tennese Amerika Serikat. Akan tetapi dikarenakan kurang adanya dukungan secara finansial, rencana untuk tampil di festival tersebut tidak dapat terealisasikan.

Sekian lama bermain musik country, Tony mulai berkenalan dengan musik reggae di awal tahun 1989, ketika ia jatuh cinta pada sosok legenda musik reggae Bob Marley. Tidak saja terinspirasi dengan musiknya, lirik-lirik lagu dalam setiap ciptaan Bob Marley benar-benar mengusik naluri bermusiknya, hingga ia yakin untuk memilih berkarier di musik reggae dan mulai mencoba eksis di genre musik tersebut. Di tahun yang sama Tony membentuk band reggae pertamanya yang diberi nama “Roots Rock Reggae”. Tahun 1994 dia membentuk band yang dikemudian hari ikut membesarkan namanya di dunia musik reggae Indonesia yaitu “Rastafara”.

Pada tahun 1995, atas bantuan seorang teman, Rastafara berhasil mendapatkan tawaran untuk rekaman album dari Warner Music Indonesia. Dan akhirnya album perdana bertajuk “Rambut Gimbal” di rilis pada tahun 1996. Album tersebut mendapat respon yang sangat baik, dan berhasil memberikan warna baru dalam industri musik Indonesia yang pada saat itu sedang di dominasi oleh musik Alternative Rock.

Professor di bidang musik dari Amerika memberi referensi kepadanya untuk ikut dalam ajang Bob Marley Festival di Amerika. Pihak penyelenggara Festival menyukai lagu-lagu yang ada di album tersebut dan kemudian mengundang Tony untuk tampil diacara tersebut pada tahun 2002, tapi sayang sekali Tony beserta rombongannya tidak mendapat izin visa dari Kedutaan Amerika dikarenakan alasan keamanan terkait dengan Tragedi WTC 11 September di Amerika yang terjadi berdekatan dengan rencana keberangkatan Tony ke Amerika.

Menurut professor musicology dari Amerika Serikat itu, salah satu lagu dari album ketiganya “Damai Dengan Cinta” yaitu “Pat Gulipat” berhasil masuk dalam Album kompilasi musik dunia Putumayo World Music dengan titel “Reggae Playground” yang telah dirilis secara Internasional pada bulan Februari 2006.

Pada pertengahan tahun 2009, setelah melalui proses yang cukup panjang, demo lagunya yang pernah coba di tawarkan pada sebuah label musik internsional bernama Cumbancha dari Amerika Serikat, milik mantan A&R dari label world music Putumayo, Jacob Edgar, yang ditawarkan sejak tahun 2008 pun akhirnya berhasil mencapai kesepakatan. Cumbancha memberikan kesempatan dan tawaran untuk merilis lagu-lagu Tony secara internasional.

TONY Q RASTAFARA OTOBIOGRAFI

Nama : Tony Waluyo Sukmoasih
Nama panggilan : Tony Q
Nama musisi : Tony Q Rastafara
Tempat/Tgl Lahir : Semarang / 27 April 1961

Album
•Rambut Gimbal (1996), Hemagita Record/BMG
•Gue Fallin In Love (1997), Hemagita Record/BMG
•Damai Dengan Cinta (2000), AK Production
•Kronologi (2003), Indonesia Rasta Production
•Salam Damai (2005), IM Production
•Anak Kampung (2007), 267 Records
•Presiden (2009), Tony Q Production
•Akustik kurangtambah (2010), Tony Q Production

Single & Kompilasi
•“Aku Anak Kampung”, (2005) IRR Compilation Album
•“Pat Gulipat”, (Damai dengan Cinta, 2000) Putumayo World Music
•OST Ai Lop Yu Pul (2009), Maleo Entertainment

Prestasi
•Headliners “Bob Marely Festival” ,Houston TX , USA (2002)
•Invitation “Legend of Rastareggae Festival”, Houston TX,USA (2003-2005)
•Putumayo World Music Album Compilation “Reggae Playground” (2006)
•Discovery, Cumbancha World Music, VA, USA (2010)

Hasta /Komunitas Reggae Indonesia
Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.