Breaking News
recent

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng merupakan objek wisata yang terletak di Kota Magelang tepatnya di Jalan Cempaka no 6, kurang lebih 1 km arah selatan dari pusat kota. Taman ini mempunyai keindahan alam yang menakjubkan serta berbagai macam jenis flora dan fauna yang lengkap. Dinamakan Taman Kyai Langgeng sendiri karena di dalamnya terdapat makam seorang pejuang pada masa perang Diponegoro. Untuk mengenang jasa-jasa itulah maka taman ini dinamakan Kyai Langgeng.

Obyek wisata ini, terdapat unsur pariwisata dengan pendidikan di dalamnya perpaduan itu tampak pada perpustakaan yang berada di dalam area wisata yang indah dan bersih yang dibangun pada 17 Mei 2003. Objek wisata dengan luas 28 Ha ini, udaranya sangat sejuk sebab terletak di lereng Gunung Merapi. Banyak terdapat gubug dan tempat-tempat duduk yang berada di bawah pepohonan rindang. Dari tempat tersebut anda dapat melihat area persawahan yang menghijau, lembah sungai, dan perbukitan. Anda juga dapat melihat keagungan beberapa gunung seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindiro, Gunung Andong, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Selain Pemandangan alamnya yang sangat indah, area wisata ini juga terdapat beberapa sarana penelitian yang memadai. Bagi anda yang ingin melakukan penelitian kepustakaan, di sini terdapat perpustakaan yang cukup lengkap. Sedangkan jika ingin melakukan penelitian alam, di area ini juga terdapat beberapa jenis flora dan fauna. Taman ini mengoleksi berbagai aneka flora dan fauna tropis yang langka. Ada cempaka ganda (Mycelia Campaca), dewa daru (Eugenia Sp), apel bludru (Diospiros rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata ireigfost), ruser (Arthocarpus Sp), lobi-lobi (Flacouritia inermis Roxb), Keben (Baringtonia Asiatica) Kemiri (Aleurites Moluceana), Kenari (Canarium Commune) dan masih banyak lagi. Untuk koleksi satwa-satwanya sendiri antara lain ular pitron yang berasal dari kedung ombo, burung elang (falconidae) bajing, monyet, rusa, ayam hutan dan beberapa satwa lain. Ada yang lebih unik dan aneh yakni dua ikan lele yang sudah cukup tua usianya. Ikan lele jantan berusia sekitar 25 tahun lebih dan lele betina berusia kira-kira 55 tahun.

Fasilitas-fasiltias penunjang yang dimiliki Taman Kyai Langgeng yang lain adalah sebuah kolam renang yang dipisah menjadi dua dengan pembatas terapung. Masing-masing untuk anak-anak dengan kedalaman 1 meter dan untuk orang dewasa sedalam 2 meter. Kolam renang ini dilengkapi dengan menara peluncur bergelombang dan tentunya tempat bilas serta ganti. Di samping itu, pesona lain yang tesedia adalah koleksi patung-patung dinosaurus, gelanggang pemancingan, taman lalu-lintas, rumah aquarium, rumah kaca, panggung terbuka, arena untuk bermain go-cart, sungai untuk nerkano dan arung jeram, toko-toko cinderamata, pasar buah-buahan tropis, lapangan tennis di dalam ruangan dan hotel.

Dilengkapi pula sarana olahraga arum jeram. Aliran Sungai Progo Sari yang cukup jernih dan tampak indah akan memuaskan anda yang gemar ber arum jeram, disini anda akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti makan, snack, asuransi dan transportasi kembali ke pos pemberangkatan. Arum jeram di sungai ini akan menempuh jarak sekitar 9 km dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Pada hari libur atau tanggal merah, Obyek wisata ini juga memberikan berbagai macam hiburan seperti orkes dangdut, orkes melayu, kuda lumping, reos, dan kesenian khas daerah.

Sp

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.