Breaking News
recent

Limbah Elektronik Yang Mengandung Emas

Bagian-bagian dari perangkat elektronik  bawah ini merupakan beberapa contoh dari rangkaian limbah elektronik bekas yang terdapat pada peralatan elektronik komputer maupun handphone yang memiliki kandungan lapisan emas.

Seperti pada PCB komputer, PCB handphone, prosesor, RAM, motherboard/mainboard, hard disk, soket – soket pada komputer, IC , kartu chip, memori dan masih banyak komponen lainnya yang memiliki kandungan emas. Selin itu sering pula ditemukan pada panel – panel listrik, peralatan telekomunikasi dan beberapa perangkat elektronik lainnya. 

Emas dan perak memiliki sifat penghantar listrik yang sangat baik sehingga banyak dipakai untuk melapisi konektor-konektor pada perangkat elektronik. Emas seringkali digunakan untuk melapisi bagian-bagian tertentu dari komponen elektronika seperti processor, finger, konektor, relay dan lain sebagainya. Beberapa komponen yang disebutkan diatas beberapa bagiannya memang harus terbuat dari emas karena hanya emaslah yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan atau disebut juga zero resistensi

Motherboard
Di dalam motherboard tersebut pasti anda melihat ada sirkuit-sirkuit yang berwarna keemasan dan pin-pin pada konektor, semua itu bukanlah tembaga melainkan tembaga berlapiskan emas 23 karat. Pasti anda bertanya-tanya mengapa komponen moteherboard tersebut harus dilapisi emas . Jawabanya sederhana yaitu hanya untuk mencegah korosi pada sirkuit yang dapat mengakibatkan konsleting sehingga dapat merusak komputer.

Prosessor
Selanjutnya adalah processor yaitu otak dari komputer yang terdapat dibawah fan yang tertanam pada motherboard komputer kalian. Tanpa adanya processor, komputer anda tidak akan dapat menyala. Dan logam mulia yang terdapat pada komponen ini adalah lapisan emas pada kaki-kaki bagian bawah processor. kandungan emas pada procesor paling banyak bila dibandingkan bagian komputer lain.
Memory Ram
Semua jenis RAM biasanya memiliki kandungan emas pada kaki-kaki yang menempel langsung pada motherboard. Dan entah mengapa kandungan emas tersebut banyak ditemukan pada komponen komputer pentium 1 hingga 2 mulai dari motehrboard, procesor, maupun RAM.

VGA
Letak emas pada kartu vga yaitu sama halnya dengan RAM yang terletak pada kaki-kaki

Soundcard
Sound card biasanya juga hanya terdapat dalam komputer pentium 1-2 dan gurat emasnya berada pada PCB dan kaki-kaki serta IC .
 
Handphone
Selanjutnya emas juga terdapat dalam PCB handphone, kita coba perhatikan warna keemasan pada socket, semua itu adalah lapisan emas.Walaupun dengan jumlah kecil, bayangkan jika kita kumpulkan hingga 1 ton.  


Hasta MS/Berbagai Sumber

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.