Breaking News
recent

Kuliner Langka, Tak Kenal Tak Sayang…

Tak hanya bahan tambang, minyak, flora dan fauna yang bisa langka di tanah air. Meski kaya dengan kuliner tradisional. Indonesia  bisa kehilangan beberapa kuliner yang dulu jadi makanan paling populer di masyarakat. Jangan sampai justru karena  kaya banget kulinernya, dan saking banyaknya sampai-sampai nggak semua masyarakat Indonesia kenal makanan – makanan ini.
Apalagi jika belum sempat mengenalnya namun kuliner-kuliner ini mulai susah dicari karena tak ada yang menjualnya. Padahal dari sisi  rasa, makanan – makanan ini juga nggak kalah nikmat dari makanan – makanan modern. Inilah daftar makanan yang dulu popular namun kini makin langka

1.Grontol
Makanan tradisional dari Jawa Tengah yang terbuat dari jagung yang direbus. Kemudian diatasnya diberi taburan kelapa parut. Rasa Grontol itu perpaduan antara gurih dan manis. Gurih dari kelapa parut dan manis dari jagung. Enak!

2.Pecel Semanggi
Makanan khas Surabaya yang disajikan pada wadah daun pisang yang ‘dipincuk’. Pecel Semanggi terdiri dari daun semanggi, kecambah, disiram bumbu ketela rambat dan sambal cabe rawit yang pedas. Pecel Semanggi akan makin mantap kalau dimakan dengan krupuk puli yaitu krupuk yang dibuat dari beras.

3. Bassang
Makanan tradisional Sulawesi khususnya Makassar. Bassang terbuat dari jagung pulen dan santan yang disajikan dalam bentuk bubur. Tidak semua jagung dapat diolah menjadi bassang. Jagung yang digunakan adalah jenis jagung pulut yang telah dikupas kulitnya. Jagung jenis ini jauh lebih lembut dari jagung manis biasa yang berwarna kuning.
Bassang berwarna putih dan nikmat dimakan dalam keadaan hangat. Makanan yang satu ini cocok dimakan saat sarapan. Nyam nyam..

4.Gulo Puan
Makanan yang satu ini adalah makannan khas Palembang. Puan artinya susu dan Gulo artinya gula. Gulo puan itu merupakan adonan susu yang dipadatkan. Semakin coklat warna gulo puan makan semakin nikmat. Warna coklat didapatkan tergantung dari tingkat kematangan dan minimnya kandungan air.

Gulo puan sering dikenal dengan julukan ‘kejunya Sumatera Selatan’. Tidak hanya Eropa yang punya keju, Indonesia juga nggak mau kalah dong. Tapi galo puan berbeda dengan keju lainnya, karena galo puan tidak dibuat dari susu sapi tapi dari susu kerbau.

5. Jaha
Makanan khas Sulawesi dari ketan campur santan yang dipanggang dalam bambu. Biasanya Jaha disantap bersama abon daging rusa/sapi atau abon ikan cakalang, atau pun gulai dan kari. Rasanya sangat khas dengan aroma yang menggugah selerah makan. Coba banyangin sedap aromanya..

 



6.Sayur Babanci
Makanan khas Betawi berupa sayur yang berisikan daging sapi, daging kelapa muda, dan petai. Kuah Sayur Babanci rasanya pedas asam dan bersantan. Cocok nih buat penggemar makanan pedas!

7.Sengkulun

Makanan khas dari betawi yang sepintas mirip kue keranjang tapi permukaanya kasar. Rasa sengkulun manis gurih dan makin mantap kalau dimakan dengan kelapa parut.
Naah.. kira-kira makanan diatas mana saja yang sudah Anda kenal? Atau malah belum kenal semua?


Hasta MS/Al

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.