Breaking News
recent

Serba Tahu, Kekayaan Semarang

Dari banyaknya kuliner Indonesia, ada yang unik di kota Semarang.  Kota klasik yang terkenal dengan sebutan “Semarang kaline banjir” ini mempunyai kuliner dengan berbagai sajian Tahu, yaitu Tahu pong, Tahu gimbal, dan Tahu petis.  Mari kita ulas satu per satu.

Tahu Pong
Tahu Pong adalah salah satu makanan khas Kota Semarang. Pong karena Kopong atau Kosong, sengaja dibuat kosong bagian dalamnya agar renyah saat digigit, dan disajikan bersama acar lobak dan bumbu kecap petis dalam wadah terpisah.  Untuk rasa pedas bisa ditambahkan sambal pada bumbu kecap petis, juga dapat dijadikan lauk yang dimakan dengan nasi putih hangat.  Kebanyakan warung Tahu Pong hanya buka malam hari dan dapat ditemui di Jalan Hayam Wuruk, Jalan Depok dan Jalan Gajah Mada (dekat Hotel Gumaya).  Harga yang ditawarkan tidak lebih dari Rp. 15.000,- per porsi. Di warung Tahu Pong dapat dijumpai beberapa menu lain sebagai variasi apabila ingin mencobanya, yaitu Tahu Keplek (Tahu halus), Tahu Kopyok Telur, Telur Bebek yang digoreng utuh dan Gimbal.

Jika ingin dijadikan sebagai makanan utama, bisa ditambah lontong atau ketupat. Tahu Gimbal Pak Supri yang direkomendasikan di Semarang  dapat dicicipi di daerah Srondol – Banyumanik (Ruko depan Hotel Serrata) dengan harga Rp 9.000 untuk seporsi lengkap Tahu Gimbal.

Tahu Petis
Kuliner Tahu khas Semarang di segmen makanan ringan lainnya yaitu Tahu Petis.  Tahu Petis adalah tahu goreng kering semacam tahu pong yang kosong pada bagian dalam, dan dibelah dua untuk diberi petis udang berwarna hitam pekat.  Paduan cita rasa yang pas dari rasa tahu yang tawar dan pasta petis udang yang manis itu begitu mantap apalagi ditambahkan cabe rawit sebagai pelengkap. Tahu Petis yang terkenal yaitu Tahu Petis Prasojo dijual dijalur pedestrian Simpang Lima.  Selain itu juga mudah ditemukan di warung-warung penjual gorengan dengan harga satuan Rp 1.000 sampai dengan Rp 1.500.

Tahu Susur
Tahu susur merupakan tahu isi.  Isinya berupa sayur atau rebung.  Sayur yang digunakan ada beragam yaitu kol, wortel dan taoge. Setelah tahu diisi dengan rebung atau sayur, siap dimasukkan ke dalam adonan tepung terigu yang sudah dibumbui dengan bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam secukupnya untuk selanjutnya digoreng hingga matang.  Akhirnya tahu susur yang krispi dan gurih ini siap dihidangkan hangat dengan pelengkap cabe rawit.  Tahu susur ini mudah ditemui pada warung yang menjual gorengan di Semarang dengan harga satuan berkisar mulai Rp 600 sampai dengan Rp 1.500

Tahu Gimbal
Mengunjungi Semarang tak lengkap jika tidak mencicipi Tahu Gimbal.  Gimbal disini tentu bukan model rambut gimbal nyentrik ala Bob Marley. Melainkan gimbal yang merupakan udang yang digoreng dengan tepung dan diameter kurang lebih 10 cm, tahu goreng yang dikocok dengan telur (bisa juga tanpa telur sesuai selera), irisan kol (bisa digoreng atau tidak digoreng), dan taburan bawang goreng serta daun seledri. Bumbu utama yang disiramkan di atasnya yaitu bumbu kacang tanah goreng yang dihaluskan dengan bawang putih dan cabe sesuai selera.

Ya, Kota Semarang Jawa Tengah selama ini kaya akan berbagai menu khas dengan cita rasa yang menggoda. Maka tidak salah, kalau kota ini jadi salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia. Salah satu menu khas yang bisa Anda dan keluarga cicipi jika berkunjung ke Semarang adalah Tahu Gimbal.

Sesuai namanya, menu ini terdiri dari bahan utama berupa tahu goreng dan gimbal, dilengkapi dengan rajangan kol mentah, lontong, toge, dan telur goreng. Menu ini semakin nikmat dengan disiram sambal kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Beda dengan bumbu sambal untuk pecel madiun yang agak kental, bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Gimbal --bagi yang belum tahu-- adalah sejenis bakwan goreng yang berisi udang dan menjadi ciri khas dari makanan ini.

Gimbal digoreng garing dengan perpaduan rasa yang pas antara gurih, manis dan pedas. Sama seperti tahu atau lontong, gimbal dipotong-potong kecil-kecil dengan gunting khusus.Untuk bisa mencicipi nikmatnya tahu gimbal di Semarang, sangatlah mudah, karena makanan ini memang banyak ditawarkan di berbagai tempat, baik di kaki lima, maupun di rumah makan. Untuk yang di kaki lima, Anda bisa mengunjungi pusat pedagang tahu gimbal yaitu di Taman KB [Keluarga Berencana] atau juga sering disebut Taman Semarang, yang terletak di Jalan Menteri Supeno, tak jauh dari Simpang Lima. Selain itu ada juga di sepanjang Jalan Pahlawan, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang. Harga untuk seporsi tahu gimbal dibanderol mulai Rp 10 ribu – Rp 15 ribu. Jadi, silakan mencoba tahu gimbal, jika Anda berkunjung ke Kota Semarang.

Tahu Gimbal  Samping PLN dan pak Polo
Salah satu warung tahu gimbal yang cukup kondang di Semarang adalah Warung Tahu Gimbal  PLN di Jalan Thamrin Semarang tau  pak Polo. Warung makan Tahu Gimbal Pak Polo memiliki beberapa cabang  yang beralamat di jalan:
  1.  Jl. Brigjend. Sudiarto / Majapahit
  2. Jl. Brigjen Katamso , Semarang Kota
  3. Jl. Supriyadi depan Kantorpolsek semarang timur.                                                       

Hasta MS


Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.