Breaking News
recent

Pemandian Air Panas Guci ,Kabupaten Tegal


Pemandian air panas Guci merupakan objek wisata yang konon merupakan petilasan Sunan Gunungjati penyebar agama Islam di Indonesia. Menurut kepercayaan masyarakat, Sunan Gunung jati pernah meninggalkan sebuah Guci berisi air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, tetapi ternyata sampai sekarang masyarakat meyakini khasiat dan manfaatnya yang salah satunya ialah dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, koreng, dan juga rematik. Objek wisata ini sendiri sejatinya merupakan tempat pemandian air panas yang memiliki air jernih, bersih dan tidak berbau, terletak di kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1.050 m dari permukaan air laut.

Selain itu, fasilitas yang ada di kawasan Pemandian Air Panas Guci ini tergolong cukup lengkap, seperti penginapan, hotel kelas melati, villa, losmen hingga hotel berbintang. Tentunya fasilitas yang diberikan di setiap penginapan tadi berbeda-beda, tergantung dari pilihan dan harga yang anda inginkan. Di obyek wisata ini ada juga wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang dengan air panas, lapangan sepak bola dan juga tempat perkemahan pelajar. Ada hal yang menarik lainnya di obyek wisata ini, yaitu terdapat wisata baru pemandian air panas Guciku Hot Waterboom, yang merupakan wahana permainan air lengkap meliputi kolam renang, kolam badan Guci, kolam rendam, arus jeram. Di Guciku Hot Waterboom juga disediakan fasilitas ruang bilas/ ganti, restoran, penginapan, dan pertokoan yang menyajikan souvenir dan pernak pernik yang bisa anda jadikan oleh-oleh. Obyek wisata Pemandian Air Panas Guci ini cukup ramai dikunjungi pada hari Kamis malam, yang keesokan harinya merupakan Jum’at Kliwon. Mitos yang berkembang, anda bisa Ngalap Berkah dengan mandi sekitar jam 12 malam dan memohon sesuatu di sini, sehingga apapun permohonan anda akan dikabulkan. Kepercayaan semacam ini sudah terjadi secara turun temurun. 

Akses ke tempat wisata Pemandian Air Panas Guci ini bisa ditempuh dari Kota Semarang. Anda bisa menaiki bus dengan jurusan Semarang-Tegal ataupun kendaraan pribadi untuk menuju objek wisata ini. Jika sudah sampai di terminal kota Tegal, anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum atau minibus ke Desa Tuwel. Jarak tempuh menuju desa ini sekitar 30-40 menit. Kemudian dari Desa Tuwel, anda bisa melanjutkan dengan menumpangi kendaraan bak terbuka ke Pemandian Air Panas Guci sekitar 30 menit.

Untuk masuk ke Pemandian Air Panas Guci ini, anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- untuk dewasa dan Rp. 4.500,- untuk anak-anak. Harga tiket tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja dan hanya berlaku di hari biasa saja. Sedangkan harga tiket pada libur nasional atau tanggal merah, orang dewasa akan dikenai biaya Rp. 7.000,- dan Rp. 6.500,- untuk anak-anak. Harga tersebut juga sudah termasuk asuransi jasa raharja untuk para pengunjung.

Sp

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.