Breaking News
recent

Keripik Paru

Tak ada bisnis seperti bisnis sapi, dari dagingnya, kulitnya, bahkan kotorannya, sapi termasuk bintang yang sangat ekonomis nilainya. Semua yang dihasilkannya menjadi komoditi yang bisa dijual dan terpakai. 

Salah satu  bagaian dari sapi yang menjadi komoditi khas daerah Salatiga adalah  Keripik Paru.Makanan ini menjadi oleh-oleh khas dari Kota Salatiga yang banyak diburu wisatawan.Keripik Paru mungkin bisa digolongkan ke dalam makanan kecil kelas premium karena harganya terbilang relatif mahal. Ini bisa dipahami karena bahan yang digunakan pun tidak sembarangan, yakni paru sapi pilihan.

Salah satu pembuat keripik paru yang beralamat di dusun Jetis Tengaran adalah mas Kardi dan istrinya  mbak Jumiati. Pria yang juga peternak sapi ini berujar, “bisnis sapi gak ada ruginya, semua yang dihasilkan sapi menjadi komoditi yang dibutuhkan manusia” ucap pemilik keripik paru merk Elang ini serius. 

Menurut Kardi,bahan baku untuk keripik parunya  diperoleh dari hasil pemotongan sapi yang diternakkannya, “Namun kadang saya dapatkan dari tempat pemotongan sapi pak Jamal Salatiga, ataupun dari pemotongan di Boyolali,“akunya.

Tiap produsen biasanya sudah memiliki pemasok bahan baku yang terpercaya. Mereka harus berhati-hati karena ada paru yang bersumber dari sapi glonggongan. Sapi glonggongan adalah sapi yang sengaja diberi minum sebanyak mungkin sebelum disembelih agar bobotnya naik.

Paru sapi harus segar dan berkualitas baik, agar citarasa yang dihasilkan juga memuaskan. Paru yang bagus biasanya berwarna merah muda dan tidak berair. Untuk membuatnya, paru sapi direbus terlebih dahulu hingga matang. Setelah ditiriskan, paru diiris tipis-tipis agar terasa renyah saat dimakan. Ketebalan irisan paru harus diperhatikan untuk menjaga kerenyahannya.

Paru sapi tersebut kemudian digoreng  dengan lumuran tepung yang telah diberi bumbu. Beberapa produsen memilih menggunakan kayu bakar untuk menggoreng paru. Alasannya, selain bisa menghemat ongkos bahan bakar minyak juga karena bisa memberikan aroma wangi yang khas pada Keripik Paru.

Keripik Paru biasanya tersedia dalam dua pilihan kemasan: besar (per 1 kg) dan kecil  (per ¼ kg). Keripik Paru dalam kemasan besar tampilannya terlihat lebih menarik karena ukurannya yang besar dan potongan paru utuh. Sementara Keripik Paru kemasan kecil biasanya terbuat dari potongan-potongan kecil paru sapi yang dibalut tepung. Dari segi rasa nyaris tak ada bedanya, karena bumbu yang digunakan sama. 

Hasta MS

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.