Breaking News
recent

Jantung Ruang Publik Semarang


Masyarakat Yogyakarta boleh berbangga dengan Malioboronya. Sementara masyarakat Semarang, tentu berbangga hati akan Simpang Limanya. Simpang Lima adalah sebuah lapangan yang terletak di pusat Kota Semarang. Alun-alun ini merupakan landmark terpopuler di Semarang.Nama Simpang Lima muncul karena kawasan ini merupakan titik pertemuan lima jalan besar di Kota Semarang, yakni Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Ahmad Dahlan.

Kawasan Simpang Lima tumbuh menjadi pusat keramaian yang tidak hanya memikat warga Semarang, tapi juga mereka yang berkunjung di Kota Lumpia ini. Berbagai tempat belanja yang berada di kawasan ini menjadikan Simpang Lima sebagai pusat perbelanjaan terbesar yang tidak pernah sepi dari aktivitas. Di kawasan ini setidaknya ada tiga tempat perbelanjaan besar yang memulai aktivitas dari pagi hingga malam hari. Di sini juga ada pusat oleh-oleh dan jajanan khas Semarang. Selain itu tentunya juga berbagai toko seperti toko batik, maupun lapak-lapak UKM yang berjejer rapi di beberapa sudut jalan.

Setiap harinya kawasan Simpang Lima tidak pernah sepi. Sepanjang hari ada saja orang yang datang dan beraktivitas di sana, dari mulai warga sekitar yang lari pagi, wisatawan yang berfoto-foto, atau masyarakat yang ingin menikmati kuliner di sekitar alun-alun. Letak Simpang Lima memang diapit oleh beberapa hotel besar, pusat perbelanjaan, dan warung-warung tenda yang menawarkan beraneka ragam kuliner dan jajanan lainnya. Terdapat juga Masjid Raya Baiturrahman di salah satu sisinya, yang merupakan masjid terbesar di Semarang sebelum dibangunnya Masjid Agung Jawa Tengah.Jika menjelang pergantian tahun, kawasan ini akan sangat ramai, karena di sinilah pusat perayaan pergantian tahun baru. Selain pidato walikota, saat tahun baru biasanya digelar pesta Kembang Api dan konser musik.

TAMAN KB
Terletak di Jalan Menteri Soepeno Kota Semarang tepat di depan SMA 1 Semarang merupakan salah satu taman yang ada di jantung Kota Semarang yang masih menarik bagi sebagian masyarakat untuk dijadikan sebagai tempat untuk sekedar bersantai sejenak melepas kepenatan dari rutinitas kerja sehari-hari. Di Taman KB yang banyak ditumbuhi pepohonan senantiasa memberi kenyamanan tersendiri. Dan untuk lebih menarik masyakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melakukan pembenahan terhadap taman yang terletak tak jauh dari Kantor Gubernur Jawa Tengah ini. Taman KB dibuat lebih nyaman lagi dan dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung baru seperti arena bermain untuk anak-anak, jalur lantai refleksiologi bagi para pejalan kaki, area yang dapat digunakan untuk pentas seni dan juga tempat duduk dan lampu taman yang diperbanyak.

Kolam yang terletak tepat di tengah taman pun tak luput dari pembenahan. Kolam dibuat lebih besar dan muncratan air mancur yang terdapat di kolam tersebut diubah menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Dengan adanya arena bermain untuk anak-anak di Taman KB menjadikan anak-anak semakin nyaman dan betah untuk berlama-lama bermain. Arena bermain yang terletak di sisi barat Taman KB seperti perosotan, ayunan dan arena ketangkasan lainnya menjadikan taman yang berlokasi tak jauh dari Kawasan Simpang Lima ini sekarang juga banyak dikunjungi masyarakat yang mengajak buah hatinya untuk bermain.

Sementara itu di sisi timur Taman KB kini juga dilengkapi dengan jalur lantai refleksiologi bagi para pejalan kaki. Di jalur lantai ini dilengkapi dengan pegangan tangan untuk berjalan di jalan yang berbatu. Batu-batu kecil yang ada di jalan area tersebut disusun sedemikian rupa dengan pola yang menarik dan tetap bermanfaat untuk refleksiologi bagi pejalan kaki.Fasilitas baru lainnya yang terdapat di Taman KB adalah area yang dapat digunakan untuk bermacam kegiatan seperti pentas seni dan lain sebagainya bagi masyarakat luas. Ada empat area semacam ini dengan ukuran yang berbeda-beda. Area yang masing-masing dilengkapi dengan tempat duduk ini masing-masing terletak di sisi barat, sisi utara, sisi timur dan sisi selatan taman. 

Selain itu lampu-lampu yang ada di taman juga diperbanyak jumlahnya sehingga tetap memberikan kenyamanan saat berada di Taman KB ketika malam hari. Beragam fasilitas baru yang telah dibangun oleh Pemkot Semarang di Taman KB hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan menjaganya agar keberadaan Taman KB tetap menjadi salah satu taman yang nyaman untuk dikunjungi.

Sp

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.