Breaking News
recent

Jantung Pisang

Mungkin Anda lebih   sering memakan pisang sebagai antioksidan setelah makan atau cuci mulut. Namun banyak orang melupakan jantung pisang, kalau orang jawa menyebutnya "tuntut gedhang". mungkin jantung pisang memang tampak sepele dan kurang di minati bagi kalangan orang berduit.

Kenapa masyarakat desa jaman dulu jarang sekali terkena penyakit yang berbahaya? Karena mereka mengkonsumsi jantung pisang salah satunya. Dibandingkan orang orang kota yang sering memilih makanan instan dan cenderung sangat tidak baik bagi kesehatan.

Berikut manfaat jantung pisang yang perlu anda ketahui :
Jantung pisang mengandung flavonoid yang berfungsi antiradikal bebas, antikanker, dan antipenuaan. Selain itu juga mengandung yodium yang bisa mencegah penyakit gondok.Jantung pisang berkhasiat hampir serupa dengan pisang. Jantung pisang mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan, seperti protein, mineral, kalsium vitamin, dan kandungan serat cukup tinggi. 

Berdasar hasil penelitian, setiap 25 gram jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak dan 7,1 gram zat karbohidrat. Jantung pisang juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). 

Tak hanya itu, bunga pisang mengandung saponin yang berfungsi menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah kanker. Jantung pisang mengandung flavonoid yang berfungsi antiradikal bebas, antikanker, dan antipenuaan. Selain itu juga mengandung yudium yang bisa mencegah penyakit gondok.

Dilihat dari kandungan tersebut, jantung pisang sangat baik dikonsumsi orang yang sedang diet rendah lemak. Salah satu khasiat jantung pisang adalah memberi efek kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi dan makanan lain.  

Bagi anda yang menjalani program diet cocok mengonsumsi jantung pisang. Selain memberi rasa kenyang lebih lama, jantung pisang mengandung fiber tinggi sehingga berkhasiat melancarkan pencernaan dan menyehatkan perut.

Alkamudi menuturkan kandungan indeks glemik (GI) jantung pisang tergolong rendah. Karena itu jantung pisang sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Tahrom (32), misalnya, sejak setahun lalu dinyatakan mengidap diabetes. Meski tergolong ringan, dia tetap harus mengatur pola makan agar tidak menjadi-jadi. 

Atas saran teman dia memasukkan jantung pisang dalam menu makan. Meski tak terlihat langsung, bapak dua anak itu sangat merasakan khasiat jantung pisang. "Ya, memang tidak langsung mengobati. Namun gula darah saya bisa lebih terkontrol. Itu salah satu menu diet saya. Selain murah juga enak," ujar Tahrom.

Beragam zat yang dimiliki jantung pisang (<I>Musa acuminata<P>) tersebut juga berguna untuk mencegah perdarahan pada otak, baik dari jantung maupun pembuluh darah. Jika dikonsumsi secara teratur, jantung pisang bisa membantu menghalau serangan penyakit jantung dan stroke. 

Secara umum stroke disebabkan oleh penyumbatan pada saluran darah, sehingga peredaran darah tidak lancar. Padahal, darah merupakan penyalur nutrisi penting bagi tubuh. Bagian yang tak dialiri darah karena penggumpalan akan mengering dan berakibat kehilangan fungsi dalam menjaga keseimbangan tubuh. Karena itu mengonsumsi jantung pisang bisa memperlancar sirkulasi darah karena bersifat antikoagulan yang mencegah penggumpalan dalam darah. 

Hampir semua pohon pisang memiliki jantung pisang. Namun tak semua jantung pisang dapat diolah menjadi makanan. Misalnya, jantung pisang pohon pisang ambon agak pahit karena mengandung banyak tannin. Karena itu, gunakan jantung pisang kepok, pisang batu, pisang siam, atau pisang kluthuk. Setiap jenis jantung pisang diketahui memiliki rasa gurih dan nikmat karena mengandung senyawa protein tinggi sehingga mampu  mengalahkan rasa pahit dari tannin.   

Tiga Manfaat Obat
Mengolah jantung pisang sangat mudah. Kupas kelopak luar sampai tersisa bagian dalam yang berwarna putih kemerahan. Cuci bersih, iris memanjang, dan terakhir cuci kembali hingga bersih dan rebus.

1. Malaria
Ambil satu buah jantung pisang ambon dan asam jawa secukupnya. Kupas kulit luar buah jantung pisang ambon, lalu cuci. Timbun dalam bara api selama 30 menit, lalu parut atau tumbuk sampai lumat. Peras airnya dan saring. Masukkan air perasan dalam gelas, tambahkan sedikit asam. Minum air ramuan itu pagi hari sebelum sarapan, dan dilakukan satu kali sehari.

2. Stroke
Gunakan satu buah jantung pisang ambon. Rebus dengan air secukupnya. Peras dan ambil sarinya, selanjutnya minum dua kali sehari.

3  Diare
Gunakan jantung pisang kepok. Bakar jantung pisang dalam bara api sampai dalamnya masak, setelah itu ambil yang tidak hangus, beri bumbu urap memakai kelapa muda. Santap urap jantung pisang secukupnya. Lakukan hingga diare mampat. Hasta/ berbagai sumber

Unknown

Unknown

1 comment:

  1. Halo, mau berbagi info yang bermanfaat nih.
    Saya jual Kemasan Makanan. Barangkali ada pengunjung blog ini yang sedang butuh. Jika butuh bisa klik di sini.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.