Breaking News
recent

Apartemen; Investasi Cerdas dan Menguntungkan

Berbeda dari rumah yang harga tanahnya cenderung terus naik, sementara nilai bangunan susut dari waktu ke waktu, nilai ‘naik’ yang anda dapat harapkan melalui Apartemen hanya melalui bangunannya. Karena itu, lokasi apartemen, kualitas konstruksi apartemen, dan jenis fasilitas yang tersedia, menjadi kunci penting untuk melihat apakah investasi di apartemen tersebut dapat menjadi baik. Bila ketiga hal di atas baik, nilai apartemen cenderung stabil, bahkan naik dari waktu ke waktu.
Nilai terbesar dari apartemen adalah bangunan dan fasilitas yang diberikan. “Banyak investor yang tidak menyadari pentingnya keberadaan pasar sewa di sekitar lokasi apartemen mereka,” kata Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch. “Pasar sewa merupakan sumber pendapatan jangka panjang. Stabilnya neraca investasi apartemen ditentukan oleh keberadaan pasar sewa.”

Uang sewa biasanya Anda terima secara tahunan (terkadang sekaligus 2 tahun atau 3 tahun) dan diterima di muka. Apartemen yang baik (lokasi, kualitas bangunan dan penyediaan fasilitas) dapat memberikan rental income di kisaran 7%-9% per tahun. Apalagi apartemen yang kita miliki berada di kawasan bisnis atau berdekatan dengan universitas. Tingkat okupansi (hunian) apartemen di lokasi-lokasi tersebut sangat tinggi, otomatis nilai sewa juga sangat menjanjikan.

Fasilitas-fasilitas pendukung yang tersedia juga menjadi daya tarik tersendiri untuk tinggal di apartemen. Semakin terbatasnya lahan, meningkatnya volume kendaraan dan penduduk yang semakin padat di kawasan Kota Semarang juga menjadi salah satu alasan mengapa apartemen diburu berbagai kalangan. Tingginya permintaan apartemen tentu menjadi peluang meraup untung yang berlipat. Namun banyak hal yang harus diperhatikan sebelum kita mengambil keputusan membeli apartemen.

Cermat Memilih Hunian Vertikal :

1. Lokasi Nomor Satu
Sama seperti pemilihan jenis properti lainnya, penentuan lokasi terbaik menjadi syarat utama memilih apartemen. Anda sebaiknya mencari lokasi yang berada di jalan kelas 1 (utama), karena tingkat kenaikan harga propertinya lebih tinggi bila dibanding dengan lokasi di jalan kelas 2 atau kelas 3. Lokasi nomor satu memiliki segala penunjang untuk percepatan proses pertumbuhan nilai properti tersebut.

2. Pilih Beli Apartemen di Kawasan Pusat Bisnis
Dari pemilihan lokasi terbaik ini, anda akan memperbesar kemungkinan kenaikan harga properti dengan kemudahan seperti akses terdekat dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perdagangan dan perkantoran, perbankan, sekolah dan kampus, rumah sakit, pasar, hotel, terminal serta sarana hiburan. Intinya, semakin dekat akses hunian anda ke tempat-tempat ini maka potensi kenaikan harganya dan nilai investasi makin tinggi.

3. Perhatikan Fasilitas
Berbagai fasilitas umum ini juga sebaiknya dilengkapi dengan tersedianya mall. Karena keberadaan mall penting untuk menjamin tersedianya semua kebutuhan kita sebagai pemilik maupun bagi penghuni apartemen nantinya. Dalam satu mall, kita tak perlu jauh-jauh jika ingin berbelanja, makan, berolahraga, mengunjungi sarana bermain anak, hingga menonton film layar lebar.

4. Apartemen Dikelola Oleh Manajemen Terbaik
Cari tahu dan cermati pihak pengelola apartemennya, apakah memiliki reputasi terbaik. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat jaringan yang dibangun oleh pihak tersebut. Pilih pengelola yang mempunyai jaringan internasional karena biasanya mereka mempunyai jaminan kesuksesan memasarkan apartemen dan menaikkan nilai investasi.

5. Pilihlah Apartemen Minimal 2 Kamar Tidur
Ketika ekspatriat berencana untuk tinggal menetap di apartemen, kebanyakan dari mereka akan menggunakan minimal dua kamar tidur. Karena mereka biasanya akan membawa keluarga ataupun relasi. Jadi jika anda dapat menyediakan dua kamar tidur ini, nilai apartemen Anda akan lebih tinggi untuk di investasikan daripada apartemen dengan satu kamar tidur.

6. Pilih Kawasan Yang Aman
Keamanan tentu nomor satu bagi anda, tempat tinggal yang aman dengan security system dan petugas tentu akan menjadikan anda lebih nyaman untuk menempatinya begitu pula dengan orang lain yang akan berlomba untuk menempati kawasan tersebut.

7. Perhatikan Status Tanah
Ini hal yang tidak bisa anda lupakan yakni status tanah di apartemen tersebut. Karena jika anda lengah, anda bisa saja mendapati lahan apartemen sedang dalam sengketa atau merupakan sewa lahan. Pastikan dokumen properti tersebut tidak bermasalah (dalam agunan bank, sengketa dll), meminta bantuan Notaris atau Pemerintahan setempat sebelum melakukan transaksi. 

Sp

Unknown

Unknown

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.