Breaking News
recent

Salam Ransel dari Backpacker Semarang !!

Para Backpacker pastinya tak asing lagi bila mendengar komunitas Backpacker Indonesia.  Khusus di Semarang sendiri ada komunitas Backpacker Indonesia regional Semarang atau sering disebut BPS. Komunitas ini sudah berdiri sejak 27 November 2012.  Tujuan utamanya tentu saja untuk menyatukan para pecinta travelling khususnya area Semarang.   Dalam pelaksanaannya, komunitas ini dikoordinatori oleh Andhika Henry, ada juga Ucup dan Nisa selaku sekretaris serta Putro Wicaksono selaku bendahara. Selain itu masih ada Divisi trip yang dikemudikan oleh Sita, Rivai, Giska Ary dan divisi kreatif oleh Tebeh, Andre, Rose, Egis. Bila dihitung, ada sekitar 30-an orang yang bisa dikatakan cukup aktif dalam menggerakkan roda kehidupan BPS.

Sejauh ini BPS memiliki even rutin seperti Kopdar (Kopi Darat) yaitu kumpul bareng atau bisa juga membahas agenda yang akan dilangsungkan. Kopdar biasanya diadakan di beberapa titik di daerah Semarang.  Tempatnya tidak pasti, bisa di Tugu Muda, Taman KB, Sam Poo Kong, banjir kanal, kopi miring dan rumah albi, semua tergantung sikon. Ada lagi Triphore atau nge-camp yang biasanya di adakan 2 kali dalam setahun.  Triphore sendiri lebih sering diadakan di area Semarang dan sekitarnya contohnya di Candi Gedong Songo, Mawar dan Gonoharjo. 

Tak sekadar travelling, BPS juga pernah mengadakan greentrip ke Curug Lawe, berkunjung ke air terjun sembari memungut sampat di jalan yang mereka lalui.  Menurut Bayu, selain untuk jalan-jalan juga untuk mengedukasi agar mau menjaga alam dengan membersihkan sampah. 

Meski bersifat tidak mengikat namun setiap even yang dijalankan masih bisa terkendali. Sejauh ini rekan-rekan BPS memanfaatkan aplikasi chat seperti Whatsap untuk berkomunikasi satu sama lain serta memaksimalkan FB dan twitter untuk mengkomunikasikan informasi baik antar anggota maupun dengan backpacker dari daerah lain.

Dengan menilik akun FB Backpacker Indonesia Regional Semarang, kita bisa melihat lalu-lalang informasi seputar travelling, sharing perjalanan dari rekan-rekan backpacker, tiket promo, mencari teman jalan (backpackeran), posting foto perjalanan bahkan jualan barang-barang yang terkait dengan BPS itu sendiri. Sharing info antar sesama backpacker tentunya akan sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi mereka yang sebelumnya belum pernah berkunjung ke suatu lokasi tertentu. “Jadi misal Mbak pengen maen ke Malang, kita bisa hubungi temen-temen di BPI Malang untuk sekadar menemani jalan atau bahkan bisa menyediakan tempat menginap kalau memungkinkan, lumayan buat save cost, kan?” ujar Bayu.

Hampir 2 tahun BPS hadir sebagai wadah bagi backpacker semarang dan sekitar.  Berbagai pecinta travelling lintas daerah hadir mewarnai aktivitas di BPS. Semarang sebagai kota besar tentunya menjadi payung bagi backpacker asal kota sekitar seperti Solo, Batang, Pekalongan, Demak dan sekitarnya. Selain itu, member BPS juga lintas profesi, mulai dari karyawan swasta, mahasiswa bahkan banyak juga dari mereka yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. 

Saat ini tercatat kurang lebih 6456 anggota di group FB dan 1594 followers @bpisemarang. BPS sangat terbuka untuk menambah pertemanan antar backpacker maupun pecinta traveling baik dari Semarang maupun daerah lain di Indonesia. Salam Ransel!
Irero

AlemJP

AlemJP

1 comment:

  1. wah seru sekali sepertinya ikut acaranya komunitas ini..gabung ah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.