Breaking News
recent

Ponsel Bukanlah Kekasih!

Anda tidak bisa berpisah dari ponsel Anda? Hati-hati jika Anda sudah sampai tahap ini ,Bisa jadi anda adalah korban stress karena ponsel Anda? Ingat, Ponsel itu hanya pelengkap kebutuhan aktivitas Anda, bukan pasangan Anda atau kekasih Anda.
Ada berbagai hal yang bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami stress akibat ponsel Anda dan salah satu tandanya yaitu Anda sedang berlibur tapi Anda langsung mengecek e-mail kantor Anda sesaat setelah Anda bangun. 

 Hati-hati jangan-janagan anda sudah terkena nomophobia. Nomophobia (no mobile phone phobia) adalah istilah baru, yang berarti ketakutan akan dipisahkannya pengguna dengan gadget kesayangannya. Istilah ini diperkenalkan oleh peneliti dari Inggris. 

Jika Anda kesal saat Anda tidak menemukan jaringan Wi-Fi di hotel atau saat Anda tidak mendapatkan sinyal di pegunungan, itu juga bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami stres akibat ponsel. Hal lain yang bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami stress akibat ponsel yaitu Anda gelisah bila baterai ponsel Anda mulai rendah dan Anda khawatir kalau-kalau ada masalah di kantor Anda jika Anda tidak di sana.

Berbagai tanda tadi merupakan gejala dari stress ‘selalu on’ yang diakibatkan karena kecanduan ponsel dan Anda Anda wajib mengetahuinya. Bagi beberapa orang, ponsel bisa membebaskan diri mereka dari belenggu jam kantor karena bekerja secara fleksibel bisa memberi mereka kekebasan lebih pada kehidupan karir mereka serta memungkinkan mereka untuk menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga dan teman. 

Namun bagi beberapa orang lainnya, ponsel menjadi semacam tirani di kantong karena ponsel tidak membiarkan mereka untuk mematikannya, merasa rileks, dan mengisi kembali baterai tubuh mereka sendiri. Berkaitan dengan masalah stress akibat ponsel, beberapa pakar internasional telah mengungkapkan kekhawatiran mereka mengenai sindrom yang menyangkut stress akibat ponsel.

Perusahaan ponsel dan teknologi tentu bersikeras bahwa konektivitas bergerak bisa menguntungkan serta tidak merugikan bagi berbagai kalangan seperti anak muda, pelaku wirausaha, serta pegawai kantor yang sepakat dengan gagasan tersebut. Direktur di Aruba Networks, Chris Kozup, mengatakan bahwa penelitian yang dilakukan oleh pihaknya menemukan bahwa selalu terkoneksi dan ‘selalu on’ membantu pekerja dalam mengelola keseimbangan antara kantor dan rumah. 

Namun, terlepas dari itu, jika Anda tidak ingin stress karena ponsel, ada berbagai tips yang patut Anda coba dan salah satunya yaitu Anda harus mengubah pandangan bahwa konektivitas merupakan hal yang menguntungkan. Selain mengubah pandangan Anda, Anda juga harus memakai ponsel Anda dengan disiplin.
Agar Anda tidak mengalami stress akibat ponsel, Anda juga harus mematikan layanan e-mail “Out of Office” saat Anda sedang berlibur. Anda juga harus mematikan ponsel dan menjauhkan ponsel dari jangkauan Anda saat Anda tidur. Anda tidak perlu khawatir kantor Anda runtuh karena Anda bukan satu-satunya orang yang memiliki kapabilitas untuk memecahkan masalah di kantor Anda. 

Tidak diragukan lagi, ponsel bisa mengakibatkan stress dan jika Anda tidak ingin mengalami stress akibat ponsel. Hasta MS

AlemJP

AlemJP

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.