Breaking News
recent

Are You KurangPiknik ???

Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘kurang piknik’. Istilah tersebut seringkali mencuat di berbagai media sosial. Arti Piknik sendiri adalah bepergian ke suatu tempat di luar kota untuk bersenang-senang.  Piknik adalah padan kata dari Wisata, liburan dan refresing. Kurang piknik berarti kurang aktivitas yang berkaitan dengan kesenangan.

Kata ‘kurang piknik’ acapkali dilontarkan kepada hal-hal yang dekat dengan ketegangan, keseriusan dengan yang tinggi, amarah, atau tindakan-tindakan di luar kontrol emosi seseorang. Goal yang dimaksud adalah orang yang ‘kurang piknik’ telah gagal mengatur kadar emosional dan kebahagiaan dalam hidupnya. Bisa juga diartikan bahwa orang yang ‘kurang piknik’ termasuk dalam kategori ‘ngenes’ sehingga butuh wisata, pergi ke tempat-tempat yang dirasa mampu memberikan ketenangan dan kesenangan.

 Istilah ini memang tengah gencar dipakai para pengguna sosmed, bisa bertujuan memberi saran atau pun sekadar membully seseorang secara halus.  Fenomena kurang piknik bisa menyerang siapa saja. Baik artis, ustad, bahkan capres pun tak ayal terkena lontaran istilah ‘kurang piknik oleh para pengguna sosial media.

Menjadi trend yang dirasa ‘nggak banget’ bagi kalangan sosmed, secara tidak langsung malah menimbulkan berbagai upaya pencegahan dari masing-masing orang.  Berbagai status dan pamer keasyikan tersebar di sejumlah media sosial. Selfie, pamer lokasi nongkrong, pamer Hp/mobil baru, pamer gandengan baru, serta pamer aktivitas via media online semakin merambah dengan demikian gencarnya.  Hal tersebut tak urung adalah karena mereka ingin memberi kesan asyik dan enjoy pada diri sendiri.  Salah satu tujuannya adalah menghindari penyematan istilah ‘kurang piknik’ pada diri mereka.

Dengan penerimaan yang baik oleh khalayak, siapa sangka istilah ‘kurang piknik’ bisa mengakar kuat dan dipakai dalam beberapa generasi ke depan.  Tanpa bermaksud menyudutkan suatu pihak tertentu, istilah ‘kurang piknik’ malah bisa menjadi motivasi positif untuk mengontrol emosional seseorang. Dengan begitu, semua orang bisa menjalani kehidupan dengan lebih ringan, berpikiran positif dan enjoy. Tidak semua istilah anyar di sosial media berimbas buruk, tergantung bagaimana sudut pandang serta cara kita menyikapinya. Jadi, apa anda salah seorang yang ‘kurang piknik’? pikirkan itu. Irero

AlemJP

AlemJP

1 comment:

Powered by Blogger.